Top

Tips PENTING untuk Guru PAUD PEMULA di Era Digital 2024: Murid Zaman Now Jadi Senang

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

06 Apr 2024

  |  

Edukasi

Menjadi guru PAUD di era digital oleh anak-anak PAUD di era digital membutuhkan kombinasi kemampuan yang saling mendukung satu sama lain, yaitu interpersonal, kreativitas, dan kemampuan menggunakan teknologi.

Ketika anak didik merasa nyaman bersama gurunya, maka anak-anak didik akan semakin mampu, bersemangat, dan termotivasi untuk mengembangkan segala potensinya. Terlebih guru pemula di era digital seperti tahun 2024 ini. Guru PAUD pemula perlu mengikuti tips-tips di bawah ini agar anak-anak didik merasa nyaman dan senang saat belajar.

1. Berinteraksi dengan Hangat dan Ramah

  • Jadilah guru yang menyenangkan dan hangat. Berbicaralah dengan suara yang lembut dan penuh kasih sayang, dan berikan senyum kepada anak-anak didik.
  • Tunjukkan sikap ramah dan hangat kepada anak-anak didik. Berikan senyuman, pujian, dan dukungan positif kepada mereka.
  • Saat menyampaikan materi pembelajaran gunakanlah bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak-anak. Gunakan intonasi yang ramah dan hangat saat berbicara dengan mereka.

GRATIS LKA PAUD: Media Belajar Kreatif dan Menyenangkan

  1. LKA Tema Benda di Sekitarku
  2. LKA Tema Dunia Hewan
  3. LKA Tema Tebak Isi Kotak Hewan

2. Manfaatkan Teknologi dengan Bijak dan Efektif

  • Guru PAUD bisa memanfaatkan aplikasi dan platform edukasi yang dirancang khusus untuk anak-anak PAUD. Aplikasi ini bisa membantu dalam pembelajaran berbagai keterampilan, seperti pengenalan membaca, menulis, berhitung. Manfaatkan pula media digital sebagai media pengembangan keterampilan sosial dan emosional.
  • Media pembelajaran interaktif, seperti video pembelajaran, permainan edukasi online, dan presentasi multimedia, juga bisa digunakan sebagai media untuk menjelaskan konsep-konsep yang sulit tapi dengan cara yang menarik.

Aplikasi Gim “Pelajaran TK dan PAUD" : Media Bermain dan Belajar Karya Bapak Andi Taru dan Tim Educa Studio.

3. Mengajar Kreatif dan Variatif

  • Guru PAUD perlu mengajar secara kreatif dan menyenangkan, seperti bermain peran, menyanyi, atau menceritakan cerita dengan menarik.
  • Guru perlu mencoba untuk tidak terpaku pada metode pengajaran konvensional. Namun, perlu juga untuk memikirkan cara-cara baru untuk menyampaikan materi pembelajaran yang lebih variatif, menarik, dan relevan bagi anak-anak didik, agar mereka merasa senang dan tidak bosan saat belajar.

Baca juga:
Modul Ajar & RPPH PAUD - TK Usia 5-6 Tahun: Topik : Kegiatan Ibadah Bulan Ramadhan
Modul Ajar & RPPH PAUD - TK Usia 5-6 Tahun: Topik Kegiatan Edukatif di Bulan Ramadhan

4. Anak Didik Perlu Lebih Aktif

  • Anak-anak PAUD perlu lebih aktif saat belajar karena ini memungkinkan mereka untuk mengembangkan berbagai keterampilan dan kemampuan penting.
  • Aktivitas fisik membantu anak-anak usia dini dalam mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar, yang sangat perlu untuk mengembangkan kemampuan menulis, menggambar, dan melakukan aktivitas harian.
  • Aktivitas yang melibatkan gerakan tubuh juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus anak-anak didik, sehingga mereka lebih mudah untuk belajar dan memahami konsep-konsep baru.
  • Agar guru PAUD semakin memahami kemampuan anak-anak didiknya dan siap membantu saat mereka perlu bantuan, maka guru PAUD perlu terlibat aktif juga saat anak didik mengerjakan tugas dan melakukan aktivitas di kelas.

5. Tekun Mengapresiasi dan Memotivasi

  • Guru PAUD harus mampu memahami setiap perkembangan positif anak didik, meskipun itu hanyalah perkembangan kecil. Namun, guru PAUD perlu mengapresiasi setiap keberhasilan anak didiknya dalam melakukan sesuatu. Bila ia belum berhasil melakukan sesuatu, maka guru PAUD perlu memberikan motivasi secara konsisten dan tekun.

Koleksi Lagu Anak (KOLAK) Tematik TK dan PAUD: Lengkap, Asyik, Ramah Anak dan Mendidik

6. Memahami Perkembangan Anak

  • Guru PAUD perlu memahami perkembangan anak usia dini karena hal ini akan mempengaruhi pendekatan dan metode pengajaran yang efektif.
  • Dengan memahami tahapan perkembangan fisik, kognitif, emosional, dan sosial anak usia dini, guru PAUD dapat memberikan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan individu anak.
  • Pemahaman tentang perkembangan anak membantu guru dalam merancang kurikulum yang relevan dan sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini. Guru juga semakin mampu mengidentifikasi anak-anak yang membutuhkan perhatian khusus, seperti anak-anak dengan kebutuhan khusus dan mengalami suatu kesulitan.

7. Terampil Menjaga Hubungan Baik dengan Orang Tua

  • Guru PAUD perlu menjalin hubungan yang baik dengan orang tua anak-anak, melalui komunikasi terbuka dan kolaborasi dalam mendukung perkembangan anak. Gunakan aplikasi pesan instan atau platform khusus untuk sekolah yang memungkinkan komunikasi langsung antara guru dan orang tua.
  • Adakan pertemuan rutin dengan orang tua untuk membahas perkembangan anak, baik secara tatap muka maupun daring. Kirimkan informasi penting seperti jadwal kegiatan, perkembangan belajar anak, dan informasi lainnya melalui email atau surat kepada orang tua.
  • Sampaikan informasi perkembangan anak dalam bentuk laporan kemajuan secara berkala untuk setiap anak dan bagikan kepada orang tua melalui berbagai media komunikasi.
  • Guru PAUD juga perlu memberikan waktu khusus untuk konseling dengan orang tua agar dapat membahas masalah atau pertanyaan yang mereka miliki.

8. Mengajarkan Pendidikan Karakter

  • Pendidikan karakter sangat penting bagi anak PAUD karena pada usia ini, anak sedang dalam masa-masa perkembangan yang sangat penting. Beberapa nilai-nilai positif yang bisa diajarkan kepada anak-anak usia dini adalah kejujuran, kerjasama, kepedulian, dan tanggung jawab. Dengan memahami nilai-nilai seperti toleransi dan empati, anak PAUD akan lebih mampu mengatasi konflik dan berinteraksi secara positif dengan orang lain.
  • Bagaimana caranya? Anak-anak PAUD cenderung meniru perilaku orang dewasa di sekitar mereka. Oleh karena itu, berikan contoh yang baik dalam berperilaku, bersikap, dan berkata-kata. Dongeng anak, cerita rakyat, atau fabel dapat menjadi sarana yang efektif untuk mengajarkan nilai-nilai karakter kepada anak-anak. Pilih cerita yang mengandung pesan moral yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak-anak.

Disarankan agar guru PAUD piawai dalam menggunakan bahasa yang positif dan membangun ketika berkomunikasi dengan anak-anak, sehingga mereka belajar untuk berbicara dengan cara yang baik dan sopan.


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Modern muslim woman hijab office room [1]

2. mussila.com. (2023). 13 Tips to support remote learning for preschool [2]

3. Himama.com. (2023). 5 Ways to use technology in a preschool classroom [3]

4. Edutopia.org. (2022). 5 tips teaching virtual preschool classes [4]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.