Top

Perkenalkan ANAK dengan NILAI ISLAMI Sejak Dini di HARI SANTRI dengan Hati Berseri

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

13 Okt 2024

  |  

Parenting

Hari Santri diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Momen ini bisa menjadi kesempatan yang baik bagi Ayah Bunda, agar bisa mengajarkan banyak pengetahuan dan pengalaman berharga bagi Si Kecil. Tentu saja, anak usia dini harus belajar dengan aneka kegiatan kreatif, variatif, dan menyenangkan. Berikut beberapa ide kegiatan yang bisa dilakukan bersama Si Kecil dalam rangka memperingati Hari Santri.

Artikel Terkait:
1. Inilah 12 Permainan Bertema Islami Anak Berusia 1-2 Tahun Bersama Ayah Bunda
2. Ada 12 Kerajinan Tangan Islami Bahan Limbah di Bulan Ramadan untuk Anak Usia 4-6 Tahun

1. Bermain Peran

Ajaklah Si Kecil bermain peran sebagai santri kecil. Dalam permainan ini, ia bisa berpura-pura sedang beribadah Sholat, belajar mengaji, dan menolong teman.

2. Menjadi Teladan Perilaku yang Berakhlak Mulia

Ayah Bunda harus menjadi teladan dalam bersikap santun, sabar, bersyukur, dan berkata-kata yang baik. Mulailah dari hal-hal sederhana, misalnya dengan membiasakan diri mengucapkan “tolong”, “terima kasih”, dan “maaf”.

Kembangkan Keterampilan Si Kecil dengan Mengerjakan Lembar Kerja Anak. Ada Banyak Variasi LKA di Platform Educa Studio, yaitu:
- Menghitung
- Menulis
- Menggunting

3.. Berkreasi Membuat Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan bisa menstimulasi daya imajinasi, kreativitas, dan kecerdasan Si Kecil. Ajak Si Kecil membuat aneka kreasi misalnya:

1. Membuat Tasbih Sederhana
Ajak Si Kecil merangkai manik-manik besar menjadi tasbih. Ayah Bunda bisa mengajak Si Kecil belajar menghitung manik-manik saat merangkai. Jelaskan kepada Si Kecil bahwa tasbih adalah salah satu alat yang biasa digunakan untuk beribadah.

2. Pembuatan Sorban dari Kertas
Ajak Si Kecil melipat kertas menjadi bentuk sorban. Lalu, mintalah ia menghiasinya dengan stiker. Gunakan pita hitam sebagai pengikat sorban di atas kepala.

Bermain Aplikasi Gim “Pelajaran TK dan PAUD" : Media Bermain dan Belajar Karya Bapak Andi Taru dan Tim Educa Studio.

 

4. Memberikan Apresiasi

Setiap kali Si Kecil menunjukkan perkembangan positif atau melakukan hal yang baik, Ayah Bunda bisa memberikan apresiasi berupa pujian atau hadiah sederhana. Apresiasi sederhana ini bisa membuat Si Kecil semakin bersemangat berbuat kebaikan.

5. Menceritakan Teladan Nabi

Ceritakan aneka kisah teladan Nabi. Salah satu media bercerita terbaik saat ini adalah KABI, yang hadir dalam bentuk aplikasi di Play Store dan video animasi di Youtube. Animasi KABI dikemas dengan cerita yang sederhana, mudah dipahami, dan sarat akan nilai-nilai Islami yang bermanfaat membangun akhlak Si Kecil.

Baca juga:  12 Kegiatan Islami yang Melibatkan Orang Tua bersama Anak Didik Usia 5-6 Tahun

6. Membuat Hiasan Dinding

Buatlah tulisan “Ayo Mengaji” di atas kertas manila. Tempelkan tulisan tersebut di dinding kamar. Lalu, ajak Si Kecil membuat aneka hiasan di sekeliling tulisan tersebut agar tampilannya menarik dan bisa membuat Si Kecil selalu ingat pentingnya mengaji.

7. Membuat Bendera Hari Santri

Bendera ini berbahan dasar kain flanel. Tuliskan kalimat “Selamat Hari Santri” dengan spidol. Lalu, gunakan stik es krim atau bahan lain sebagai gagang atau tiang bendera.

8. Mengajarkan Doa-Doa Sederhana

Ajak Si Kecil belajar aneka doa-doa harian yang sering diucapkan oleh para santri, misalnya doa sebelum tidur, doa sebelum makan, dan lainnya. Setelah mengajarkan doa-doa sederhana tersebut, ajak Si Kecil agar membiasakan diri mengucapkan doa-doa tersebut di waktu-waktu yang tepat, bersama Ayah Bunda.

Baca juga: Rekomendasi Lagu Anak Islami: Aktivitas Anak yang Seru dan Penting

9. Membuat Kaligrafi Sederhana

Ajak Si Kecil mewarnai gambar kaligrafi sederhana yang telah dicetak di atas kertas dan bersumber dari Google Image, agar ia semakin mengenal seni kaligrafi tulisan Arab.

10. Berkegiatan Sosial

Ajak Si Kecil melakukan aneka kegiatan sosial, mulai dari berbagi pada penduduk sekitar yang kurang mampu. Kegiatan ini menumbuhkan nilai kepedulian, kebersamaan, dan jiwa sosial.

11. Membuat Sajadah Mini Berbahan Kain Flanel

Ajak Si Kecil memotong kain flanel menjadi bentuk sajadah kecil. Lalu, ajak Si Kecil menghiasinya dengan tempelan kertas berwarna-warni.

Dengan melibatkan Si Kecil dalam berbagai kegiatan menyenangkan dan edukatif saat Hari Santri, Ayah Bunda bisa menanamkan nilai-nilai Islami yang akan membentuk karakter mereka di masa depan. Semoga pengalaman ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi Si Kecil untuk terus belajar dan berbuat kebaikan. Selamat menyambut Hari Santri!

Baca juga: 15 Ide Kegiatan untuk Menumbuhkan Karakter Islami untuk PAUD & TK Usia 5-6 Tahun


Sumber Referensi:

1. Resala-academy.com. (2023). islamic lesson for kids [1]

2. Shaikhsalehacademy.com. (2024). islamic activities for kids [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.