Top

MUDAH BANGET: Tingkatkan LITERASI BAHASA Anak Usia 1 Tahun dengan 13 KEGIATAN SEHARI-HARI

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

25 Des 2023

  |  

Parenting

Anak usia 1 tahun memerlukan aneka kegiatan yang dapat menstimulasi keterampilan literasi bahasanya. Tentu saja aktivitas tersebut haruslah menyenangkan dan dilakukan dengan cara bermain atau di dalam kegiatan sehari-hari.

Inilah 13 permainan yang dapat mengembangkan keterampilan literasi bahasa anak usia 1 tahun yang cocok untuk mengisi waktu liburan Nataru.

Ajak Si Kecil Menonton Video KABI (Kisah Teladan Nabi), Agar Si Kecil Mengalami Perkembangan Karakter dan Literasi Bahasanya.

 

 

1. Bermain Flash Card

Ayah Bunda bisa menunjukkan gambar pada flash card kepada Si Kecil dan mengucapkan kata atau nama gambar yang ditunjukkan dengan lafal yang tepat dan suara yang jelas.

2. Sentuh dan Sebutkan Nama Benda

Ajak Si Kecil menyentuh sebuah benda. Ayah Bunda bisa menyebutkan nama benda tersebut dengan tepat. Hindarilah suara yang dibuat cedal, misalnya kata “kapur” menjadi “kapul”.

3. Bermain Kata dengan Media Balok

Gunakan media balok yang menampakkan gambar benda dan nama benda tersebut. Ayah Bunda menyebutkan nama gambar benda tersebut berulang-ulang dan mintalah Si Kecil menirukan, sambil memainkan atau menyusun balok tersebut menjadi sebuah bangunan.

4. Bernyanyi Lagu Berjudul “Huruf Awal Kata”

Ajak Si Kecil bernyanyi lagu “Huruf Awal Kata”. Ayah Bunda bisa mengubah syair atau memodifikasi syair lagu tersebut, misalnya kalimat “A” untuk “Apel” menjadi “A” untuk “Angsa”. Ayah Bunda bisa memutarkan lagu tersebut berulang-ulang sebelum mengajak Si Kecil menyanyikannya.

Inilah lagu berjudul "Huruf Awal Kata"

 

5. Membaca Buku Cerita Anak Sesuai Usianya

Buku untuk anak usia 1 tahun biasanya memiliki gambar tokoh atau benda yang ukurannya besar dan jelas. Kata-katanya pun tidak terlalu banyak dan menggunakan kalimat yang sangat sederhana. Ayah dan Bunda bisa membacakannya dengan suara jelas dan ekspresi yang lucu serta menarik.

6. Mendongeng dengan Media Boneka

Ayah Bunda bisa mencari ide dongeng menarik di aplikasi dongeng RIIR (Cerita Anak Interaktif). Setelah Ayah Bunda menguasai salah satu judul dongeng, ceritakanlah dengan media boneka agar Si Kecil lebih mampu memusatkan perhatian atau fokusnya.

Baca juga: Tips Melatih Ketrampilan Bercerita pada Anak Usia Dini

7. Mengajak Bercakap-Cakap

Ajak Si Kecil bercakap-cakap dengan kalimat sederhana, misalnya dengan bertanya, “Nama Adik siapa?”, “Ini apa?”, “Ini warnanya apa?” Walaupun Si Kecil belum terlalu piawai berbicara Ayah Bunda bisa menanggapinya dengan berkata, “Benar, Ini adalah … (berikan jawaban suara yang jelas)”.

8. Bermain Menyusun Huruf

Ayah Bunda bisa membuat bentuk-bentuk huruf sederhana yang bisa disusun. Ajak Si Kecil bermain menyusun kepingan bentuk huruf tersebut menjadi kata-kata yang sederhana, misalnya kata-kata yang disusun dengan 3 huruf, misalnya air, uap, api. Setiap penyebutan kata, Ayah Bunda perlu menunjukkan bentuk bendanya, misalnya dengan menunjukkan gambarnya secara online.

Baca juga: Bermain Huruf Kecil ( a Sampai z ) Bersama Si Kecil Berusia TK - PAUD 

9. Bermain Bayangan dengan Media Jari Tangan

Media jari tangan bisa dibuat menjadi aneka bentuk benda dalam rupa bayangan, misalnya kerbau, huruf, burung, dan lainnya. Mintalah Si Kecil menebak nama benda tersebut.

10. Menggambar Benda

Selain Menggambar Si Kecil juga bisa belajar mewarnai bersama "Marbel Mewarnai Profesi"

 

Ajak Si Kecil menggambar bersama. Setiap membuat sebuah bentuk benda, Ayah Bunda bisa menyebutkan nama benda tersebut. Pastikan bahwa media menggambar yang digunakan adalah krayon yang berukuran besar agar menghasilkan gambar yang besar dan jelas.

11. Simulasi Berbelanja

Ayah Bunda bisa bermain peran sebagai seorang pembeli, lalu berjalan bersama SI Kecil dan mengambil setiap barang yang ingin “dibeli” dengan menyebutkan nama benda tersebut, misalnya, “Saya mau membeli pensil.”

Mari Bermain dan Belajar: Marbel Belanja di Supermarket

 

12. Memperagakan “Kata Kerja”

Beberapa contoh kata kerja sederhana adalah “melompat”, “berjalan”, “berlari” dan lainnya. Ucapkan sebuah kata kerja, lalu mintalah Si Kecil memperagakan kata kerja tersebut bersama Ayah Bunda.

13. Bernyanyi Lagu tentang “Nama”

Tuliskan sebuah nama di papan tulis, lalu Ayah Bunda bisa mengajak Si Kecil bernyanyi lagu tentang nama tersebut, misalnya lagu berjudul “Identitasku”.

Selamat bermain bersama Si Kecil. Semoga Si Kecil akan menikmati saat-saat liburan Nataru bersama Ayah Bunda seiring dengan perkembangan keterampilan literasi bahasanya.


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Father son playing park sunset time [1]

2. Raisingchildren.net.au. (2022). Literacy reading stories [2]

3. Verywellfamily.com. (2022) Educational language games for infants [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.