Top

LKPD PAUD BELAJAR BERHITUNG DAN ANGKA GRATIS Bisa Diunduh di Portal Ini

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

20 Okt 2024

  |  

Edukasi

LKPD atau Lembar Kerja Peserta Didik adalah media belajar berupa lembar kerja yang disusun untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Anak PAUD sangat membutuhkan lembar kerja ini, sebagai salah satu variasi belajar anak didik. Setelah melakukan aneka kegiatan di PAUD, guru bisa memberikan LKPD untuk memperdalam pemahaman anak didik pada suatu topik yang diajarkan.

Artikel Menarik Lainnya:

- 10 Ide Kreatif Belajar Kendaraan & Berhitung: Untuk Anak PAUD / TK 4-5 Tahun

- 6 Cara Memotivasi Anak agar Gemar Berhitung


LKPD PAUD (Lembar Kerja Peserta Didik Pendidikan Anak Usia Dini) adalah lembar kerja yang disusun untuk mendukung kegiatan pembelajaran anak usia dini, biasanya untuk anak-anak berusia 3-6 tahun. LKPD ini berfungsi sebagai alat bantu bagi anak-anak untuk lebih memahami materi atau konsep yang diajarkan, baik di sekolah maupun di rumah. Bentuknya bisa berupa kegiatan interaktif seperti mewarnai, menghubungkan titik, menempel gambar, atau bermain peran, yang disesuaikan dengan kemampuan anak-anak pada usia tersebut.

Ajak Anak Didik Belajar Berhitung dan Aneka Keterampilan PAUD bersama Marbel Pelajaran TK dan PAUD


LKPD PAUD juga bisa digunakan sebagai media belajar berhitung dan pengenalan angka. Anak didik bisa belajar pengenalan konsep angka melalui kegiatan menyenangkan dalam bentuk lembar kerja. Beberapa contoh LKPD berhitung antara lain adalah:

  • Menghitung benda pada gambar.
  • Mencocokkkan angka dengan jumlah objek yang sesuai.
  • Menghubungkan titik-titik berurutan untuk membentuk gambar berdasarkan urutan angka.
  • Menyusun potongan angka secara berurutan dari yang terkecil hingga terbesar.
  • Menempelkan stiker dengan jumlah yang sesuai berdasarkan angka yang diberikan.
  • Mewarnai gambar sesuai dengan jumlah objek di dalamnya (misalnya, mewarnai 3 buah jeruk dari total 5 buah jeruk).

Baca juga: Cara Mengajar Anak Berhitung Melalui Aktivitas Sehari-Hari

Educa Studio, sebagai salah satu portal yang menyediakan aneka media belajar-mengajar di Indonesia, telah menyediakan aneka LKPD untuk belajar berhitung. Berikut ini adalah beberapa judul LKPD yang bisa diunduh GRATIS dan bisa diberikan kepada anak-anak didik PAUD sebagai sarana belajar mengenal angka dan berhitung.

Koleksi LKPD di atas bisa diunduh secara GRATIS. Masih banyak variasi LKPD dengan aneka tema lainnya. Dengan variasi aktivitas dalam LKPD, anak didik dapat belajar berhitung dan mengenal angka sambil mengembangkan kemampuan motorik halus, literasi numerik, dan kognitif. Hal ini menciptakan suasana belajar yang interaktif dan merangsang minat anak dalam berhitung.

Baca juga: Aneka Aktivitas Anak PAUD - TK untuk Belajar Angka

Saat memberikan LKPD kepada anak PAUD, berikan bimbingan sambil bermain agar anak didik tetap merasa fun dan tidak merasa bosan. Berikan pula pujian serta apresiasi atas setiap usaha yang dilakukan anak didik. Saat anak didik melakukan kesalahan, tetap berikan pujian dan semangat untuk menyelesaikannya, agar ia semakin percaya diri dan tetap termotivasi untuk terus belajar. Selamat mengajar berhitung dengan penuh semangat dan suasana ceria!


Sumber Referensi:
1. Skidos.com. (2023). Teach numbers to kindergarten [1]
2. K5learning.com. (2023). Free preschool kindergarten worksheets numbers counting [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.