Top

KESEPAKATAN KELAS untuk Anak PAUD: Apa Saja? Apa Manfaatnya? Bagaimana Menerapkannya? | Untuk Anak Usia 4-5 Tahun

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

21 Juli 2024

  |  

Edukasi

Kesepakatan kelas adalah aturan atau panduan yang disepakati bersama oleh semua anggota kelas, termasuk guru dan siswa. Apa manfaatnya? Tentu saja manfaatnya adalah untuk menciptakan lingkungan belajar yang  tertib, positif, aman, dan kondusif. Kesepakatan kelas bisa menjadi panduan bagi siswa untuk berperilaku dan bersosialisasi. Siswa juga akan belajar tentang kedisiplinan, guna mewujudkan keamanan.

Artikel terkait:

1. Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik : Aturan Sekolahku - MPLS / Masa Orientasi - Kurikulum Merdeka Belajar

2. Inilah 7 Tips Mengembangkan Perilaku Patuh Aturan pada Anak PAUD

3. Tips Mendidik Siswa Agar Patuh dan Hormat pada Guru

Berikut ini adalah beberapa kesepakatan kelas yang bisa dibuat siswa PAUD bersama gurunya. Kesepakatan kelas di bawah ini lengkap dengan penjelasan atau cara menerapkannya dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami anak usia 4-5 tahun.

1. Fokus Mendengarkan

Jelaskan kepada siswa tentang pentingnya mendengarkan atau memperhatikan guru saat berbicara atau menjelaskan sesuatu. Dengan fokus mendengarkan instruksi atau penjelasan, siswa akan semakin mampu melakukan setiap kegiatan di kelas dengan lebih tertib dan lancar.

Baca juga: 8 Tips untuk Membuat Murid Mau Mendengarkan Guru

2. Menghormati Orang Lain

Ajarkan kepada siswa tentang kapan harus mengucapkan kata “tolong”, “maaf”, dan “terima kasih” dan alasan mengapa harus mengucapkan kata-kata tersebut. Ajarkan pula kepada siswa untuk tidak menyakiti atau merugikan orang lain, baik secara verbal atau pun dengan perbuatan saat berkegiatan bersama.

Kembangkan Aneka Keterampilan Dasar Anak PAUD bersama Marbel Pelajaran TK dan PAUD

 

 

3. Bersikap Sopan dan Ramah

Bersikap sopan dan ramah bisa memberikan rasa nyaman dan akrab antar teman. Sikap sopan juga bisa ditunjukkan dengan saling memberi salam dan menghindari perbuatan yang bisa membuat orang lain kecewa atau sedih.

Baca juga: Anak Bicara Kurang Sopan? Ini Cara Mencegahnya

4. Menjaga Kerapian dan Kebersihan Kelas

Ajarkan kepada siswa akan pentingnya merapikan mainan setelah selesai memainkannya. Bila perlu, guru bisa ikut serta saat siswa merapikan mainannya, agar siswa semakin memahami tentang makna keteladanan. Ajak siswa untuk bisa membuat sampah pada tempatnya.

Ajarkan pula kepada siswa tentang cara membuat aneka kerajinan tangan berbahan limbah. Kegiatan ini mengajarkan kepada siswa akan pentingnya upaya mengurangi sampah.

Baca juga: Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Subtopik : Menjaga Kebersihan Lingkungan - Kurikulum Merdeka Belajar

5. Berbagi dan Bergantian

Ajak siswa agar bersedia berbagi atau bergantian mainan dengan teman-temannya.

6. Bersikap Tertib dan Tepat Waktu

Ajarkan kepada siswa untuk bersedia melakukan setiap kegiatan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

7. Menjaga Keamanan Diri dan Teman

Ajarkan kepada siswa untuk bermain dan beraktivitas sesuai dengan tempat yang telah ditentukan. Siswa harus bersedia minta izin saat hendak keluar dari area, misalnya saat hendak pergi ke toilet.

Baca juga: 13 Pembiasaan Penting Keamanan di Jalan Raya untuk Anak 1 - 3 tahun ( Media Belajar PAUD Tema Transportasi )

Berikan nasihat pula kepada siswa untuk tidak membawa barang-barang yang tidak diperlukan saat berada di sekolah atau hanya membawa barang-barang yang diperlukan saja.

8. Berbicara yang Baik dan Sopan

Ajarkan kepada siswa untuk bisa berbicara dengan suara lembut dan mengangkat tangan terlebih dahulu sebelum merespon penjelasan guru.

9. Menghargai Milik Orang Lain

Ajarkan kepada siswa untuk tidak menyentuh atau mengambil barang-barang yang bukan miliknya (milik teman atau milik sekolah) tanpa izin. Jelaskan pula kepada siswa akan pentingnya meminta izin sebelum meminjam sesuatu dan cara menjaga milik orang lain.

10. Berpakaian Rapi dan Sopan

Ajarkan kepada siswa untuk mengenakan seragam dengan rapi dan sesuai yang ditentukan oleh sekolah. Siswa juga perlu diajarkan tentang cara menjaga kebersihan diri dan tubuhnya.

Libatkan siswa dalam membuat aturan atau kesepakatan kelas. Bila setiap siswa bisa mematuhi dan menerapkan aturan / kesepakatan kelas secara konsisten, maka bisa membantu menciptakan suasana kelas yang nyaman, kondusif, dan aman. Siswa bisa belajar dengan lebih bersemangat dan ceria.

Baca juga: Mendisiplinkan Kelas dengan Kesepakatan, Konsekuensi, dan Reward


Sumber Referensi:

1. Cceionline.com. (2022). How to deal with challenging behaviors in preschool [1]

2. Anythinklibraries.org. (2022). Home learning tips teacher classroom contracts [2]

3. Freepik.com. (2022). Dchildren are interested learning [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.