Top

Dorong Kemampuan Berbahasa Anak dengan Gim Riri Cerita Anak Interaktif

Oleh Vanya Karunia Mulia Putri

  |  

25 Sep 2024

  |  

Edukasi

Bahasa menjadi salah satu hal terpenting yang harus mulai diajarkan sejak usia dini. Karena bahasa adalah modal utama manusia untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Penguasaan kemampuan bahasa yang baik, akan berkontribusi bagi perkembangan pola pikir serta interaksi manusia. Begitu pula halnya dengan anak usia dini, kemampuan berbahasa, tak hanya berpengaruh pada kemampuan komunikasinya, melainkan juga keterampilan sosial dan kognitifnya.

Anak usia dini yang mampu berbahasa dengan baik, cenderung lebih percaya diri dan leluasa dalam mengekspresikan perasaan serta pemikiran mereka. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mendorong kemampuan berbahasa anak melalui berbagai aktivitas.

Cara mendorong kemampuan berbahasa anak

Menurut Ali Mustadi, dkk dalam buku Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dan Bersastra yang Efektif di Sekolah Dasar (2021), kemampuan berbahasa adalah kemampuan berbicara atau mengutarakan bahasa dengan baik dan benar.

Berkaitan dengan hal itu, sebaiknya, bahasa yang digunakan tepat, benar, dan sesuai. Misal, mengucapkan kata “Aku lapar,” akan jauh lebih baik, ketimbang marah-marah karena lapar.

Sementara itu, dikutip dari situs Kantor Bahasa Provinsi Maluku, yang dimaksud kemampuan berbahasa adalah kemampuan individu untuk mengungkapkan maksud dan tujuannya, dengan bahasa yang sesuai atau tepat.

Jadi, kemampuan berbahasa adalah keterampilan seseorang untuk mengungkapkan perasaan, maksud, atau tujuannya dengan bahasa yang sesuai, agar pesannya bisa ditangkap secara tepat.

Dilansir dari buku Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini (2024) oleh Evi Rahayu, ada beberapa cara mendorong kemampuan berbahasa anak, salah satunya, rutin mengajak anak membaca buku bersama. Orang tua juga bisa mengisahkan cerita, seperti dongeng, fabel, dan cerita rakyat kepada anak-anak mereka, juga mengajaknya bermain permainan kata-kata.

Jika disimpulkan, tiga cara mendorong kemampuan berbahasa anak, yaitu:

  • Mengajak anak membaca buku bersama secara rutin
  • Membacakan cerita, seperti dongeng, fabel, dan cerita rakyat
  • Mengajak anak bermain permainan kata.

Riri Cerita Anak Interaktif sebagai cara mendorong kemampuan berbahasa anak

Riri Cerita Anak Interaktif adalah kumpulan cerita interaktif anak yang dirilis Educa Studio, sebagai salah satu produk unggulannya. Riri menghadirkan ratusan kisah yang ramah anak, seperti fabel, dongeng, cerita rakyat, hingga cerita orisinil yang dibuat oleh para penulis berkualitas di Educa Studio.

Bersama Riri, ini beberapa cara mendorong kemampuan berbahasa anak:

  • Mempelajari kosakata yang beragam

Cara pertama mendorong kemampuan berbahasa anak, yakni mempelajari kosakata yang beragam. Kumpulan cerita Riri punya kosakata yang beragam, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak.

  • Mendengarkan dan melatih pengucapan yang tepat

Cara mendorong kemampuan berbahasa anak, yaitu mengajak mereka mendengarkan, meniru, dan melatih pengucapannya dengan tepat. Apabila dilatih secara rutin dan konsisten, otomatis, kemampuan berbahasa anak usia dini akan meningkat.

  • Mendorong keterampilan membaca

Selain mempelajari kosakata yang beragam, Riri juga mendorong keterampilan membaca anak. Mereka juga bisa mengenali serta mempelajari pola bahasa dan struktur kalimat yang digunakan dalam cerita Riri. Jika aktivitas ini dilakukan berulang, pengetahuan dan kemampuan tata bahasa dasar anak pasti tumbuh dan berkembang dengan sendirinya. Mereka pun juga memiliki hobi baru, yakni membaca.

  • Mendekatkan anak kepada orang tua

Bukan hanya keterampilan membaca, mendengarkan, dan berbicara saja yang bertumbuh, gim Riri Cerita Anak Interaktif juga menjadi media yang tepat untuk mendekatkan hubungan orang tua dengan anak. Lewat berbagai aktivitas menyenangkan dalam Riri, seperti mewarnai, membaca, dan mendengarkan, orang tua bisa mengajak anak berdialog juga menikmati kegiatan tersebut bersama-sama.

Sebagai kesimpulan, gim Riri Cerita Anak Interaktif adalah media belajar yang tepat, menyenangkan, dan interaktif untuk mendorong kemampuan berbahasa anak. 

Bukan hanya mengenalkan kosakata baru dan melatih kemampuan membaca, mendengar, serta berbicara anak, Riri juga menjembatani hubungan antara orang tua dan anak agar semakin dekat. Riri bukan sekadar hiburan, tetapi juga investasi yang berharga untuk masa depan anak-anak Indonesia.

Yuk, kita dorong kemampuan berbahasa anak usia dini bersama gim Riri Cerita Anak Interaktif!

Bagikan artikel ini

Author :

Vanya Karunia Mulia Putri

Content Writer Educa Studio