Top

DIJAMIN SERU: Inilah Panduan Praktis Kegiatan MPLS untuk TK dan PAUD (Bagian 2)

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

26 Juni 2023

  |  

Edukasi

Panduan praktis kegiatan MPLS untuk TK dan PAUD yang seru. Aneka kegiatan ini bisa menjadi referensi, terutama untuk guru TK dan PAUD, agar memiliki banyak ide yang bisa diaplikasikan kepada siswa baru.

Tujuan utama dari variasi kegiatan di MPLS tidak hanya membuat siswa baru semakin mengenal kelas atau sekolah yang baru. Namun, para siswa baru diharapkan semakin merasakan kenyamanan saat menjalani pendidikan di tempat belajar yang baru.

Lagu “I LOVE YOU, GURUKU”: Cocok untuk Dinyanyikan Saat MPLS. Siswa Baru Jadi Semakin Cinta dan Hormat Pada Guru.

 

Inilah panduan praktis kegiatan MPLS untuk TK dan PAUD yang seru, edukatif, dan mengakrabkan..

Melakukan Gerak dan Lagu atau Senam

Guru bisa mengajak siswa melakukan gerak dan lagu bersama atau senam yang khusus diciptakan untuk anak-anak usia dini.

Gim “Pelajaran TK dan PAUD" : Media Bermain dan Belajar Karya Bapak Andi Taru dan Tim Educa Studio. Tersedia Koleksi Musik Asyik Media Gerak dan Lagu Anak

 

Mengajarkan Kedisiplinan di Sekolah

Jangan lupa mengingatkan siswa baru untuk menerapkan kedisiplinan mulai dari hal-hal sederhana, misalnya cara menyimpan tas di loker kelas, cara bersikap doa yang baik, pentingnya datang ke sekolah tepat waktu, dan lainnya.

Kegiatan Mendongeng

Lakukan kegiatan mendongeng dengan cerita bertema pengenalan teman dan pengenalan sekolah. Gunakan media-media seru, misalnya boneka tangan, boneka jari, atau gambar yang lucu.

Koleksi Dongeng RIRI: Koleksi Dongeng Anak yang Edukatif dan Inspiratif.

 

Bermain Puzzle dan Maze

Maze dan Puzzle adalah kegiatan yang sederhana dan mudah dimainkan oleh anak-anak. Guru bisa menemani siswa baru untuk bermain maze dan puzzle bertema pengenalan sekolah.

Marbel Puzzle: Media Bermain Puzzle Edukatif. Bisa Dimainkan Kapan Saja dan Di Mana Saja.

Membuat Benda atau Hewan dari Plastisin

Biarkan siswa baru membuat aneka benda atau hewan yang mereka suka. Kegiatan ini sangat mudah dan bisa membuat suasana kelas menjadi lebih akrab saat siswa baru bermain bersama..

Kunjungan Kelas

Ajak siswa untuk mengunjungi kelas lainnya. Paling tidak mereka bisa berkenalan dengan teman-teman di tingkat usia yang sama atau kelas “tetangga sebelah” mereka. Aktivitas ini bisa mengembangkan kecerdasan sosial dan kemampuan berkomunikasi.

School Tour  (Berkeliling di Sekitar Sekolah)

Kegiatan ini mengajak siswa dalam satu kelas untuk berkeliling dan melihat-lihat aneka ruangan di sekolah. Guru juga bisa mengajak siswa berkenalan dengan semua warga sekolah, misalnya satpam, juru masak, staf, dan lainnya.

Baca juga:
1. 6 Kegiatan Pembuka Kelas PAUD yang Seru dan Menyenangkan
2. Koleksi RPPH dan Modul Ajar untuk TK dan PAUD Topik MPLS dan Lainnya

Pembelajaran Bertema Guruku

Pembelajaran bertema guru sangat penting untuk membuat siswa semakin memahami serta mengenal nama-nama guru, tugas-tugas guru, dan sikap yang baik kepada guru. Hal ini sangat penting agar para siswa semakin akrab, hormat, dan santun kepada guru di sekolah.

Pembelajaran Bertema Ruang Kelasku

Guru bisa memberikan aneka aktivitas tentang pengenalan aneka benda di kelas serta manfaatnya. Siswa juga bisa diajarkan cara bersikap baik di kelas dan hal-hal yang tidak diperkenankan untuk dilakukan di dalam kelas.

Pembelajaran Bertema Warga Sekolahku

Ada banyak warga di sekolah yang perlu dikenal oleh para siswa, yaitu sekuriti, tukang kebun, juru masak, penjaga kantin, dan lainnya. Pastikan setiap siswa mengenal nama, jabatan, dan tugas setiap warga sekolah. Ajarkan hal ini kepada siswa dengan aneka aktivitas yang menyenangkan.

Pembelajaran Bertema Aturan di Sekolah

Perilaku disiplin di dalam kelas perlu diterapkan oleh siswa dalam hidup sehari-hari. Ajak siswa untuk terlibat dalam membuat aturan di kelas. Daftar aturan di kelas bisa dibuat dalam bentuk poster atau gambar yang menarik.

Untuk memahami makna, manfaat, dan jenis aturan, Anda bisa mengajak siswa bernyanyi lagu bertema aturan.

Mewarnai Gambar

Ajak siswa baru mewarnai gambar dengan bentuk benda-benda di kelas, aneka ruangan di sekolah, gedung sekolah, warga sekolah, dan lainnya. Aktivitas ini sangat bermanfaat untuk me-review apa yang telah dipelajari selama berkegiatan MPLS.

Mewarnai gambar juga bisa dilakukan dengan media gadget. Aplikasi Marbel Mewarnai adalah salah satu contohnya.

Kegiatan Berbasis Sentra

Guru bisa mengajak siswa melakukan kegiatan berbasis sentra, misalnya sentra seni, sentra olah raga, sentra craft, dan lainnya. Di dalam satu sentra, guru bisa memberikan aneka kegiatan yang bervariasi agar semakin memahami kegemaran atau minat siswa secara lebih spesifik, misalnya di dalam sentra seni, guru bisa mengajak siswa menggambar, mewarnai, origami, craft, dan lainnya.

Program Afiliasi Educa menawarkan penghasilan pasif, hanya dengan membagikan kode afiliasi yang kamu miliki.

 

Table Manner (Etika di Meja Makan)

Kegiatan ini sangat penting untuk membuat siswa semakin memahami sopan santun dan etika saat mereka melakukan makan bersama.

Belajar Doa-Doa Harian

Beberapa doa-doa harian yang penting untuk diucapkan atau dipraktikkan oleh siswa setiap saat adalah doa pembuka kelas, doa sebelum pulang, doa sebelum makan, doa setelah makan, dan aneka doa lain.

Marbel DOA ANAK MUSLIM: Memuat 36 doa-doa untuk hafalan dan pemahaman anak-anak

Mengajarkan Sopan Santun

Sopan santun perlu diajarkan agar siswa bisa bersikap hormat, tidak hanya kepada guru, tapi juga kepada semua warga sekolah yang mana usianya lebih tua dari semua siswa. Siswa juga perlu memahami cara menggunakan kata-kata yang sopan saat berbicara kepada siapa saja.

Mengajarkan 3M

Meminta tolong, meminta maaf, dan mengucapkan terima kasih atau dikenal dengan istilah 3M atau 3 kata ajaib adalah kata-kata penting yang wajib dikenalkan di sekolah.

Kata-kata ajaib ini akan membuat suasana kelas menjadi lebih nyaman, karena setiap siswa bisa bertutur kata yang baik saat berkomunikasi.

Semoga panduan praktis kegiatan MPLS untuk TK dan PAUD di artikel ini bermanfaat untuk membuat suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan bisa memberikan kenyamanan bagi para siswa baru. Selamat mempraktikkan kepada siswa baru di sekolah Anda.

Baca juga: DIJAMIN SERU: Inilah Panduan Praktis Kegiatan MPLS untuk TK dan PAUD ( Bagian 1 )

 

Sumber Referensi:

1. Freepik.com (2022). Kindergarten teacher playing with children [1]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.