Top

Bersama Riri Cerita Anak Interaktif, Tumbuhkan Kebiasaan Baik Membaca

Oleh Vanya Karunia Mulia Putri

  |  

10 Okt 2024

  |  

Edukasi

Membaca jadi salah satu kebiasaan yang sebaiknya mulai diterapkan sejak usia dini. Selain menumbuhkan keterampilan berbahasa, membaca juga dapat meningkatkan kosakata seseorang. 

Sayangnya, meski penting untuk ditumbuhkan sejak usia dini, masih banyak anak enggan atau merasa kurang tertarik membaca, terlebih lagi di tengah perkembangan teknologi dan zaman yang kian modern saat ini.

Pengertian membaca adalah proses yang dilakukan untuk memperoleh pesan berbentuk kata-kata atau bahasa tulis. Bisa juga diartikan, membaca adalah proses yang menuntut pemahaman sekilas mengenai makna kata-kata atau kalimat.

Membaca masuk dalam salah satu keterampilan berbahasa yang sifatnya reseptif atau menerima. Oleh karena itu, penting bagi anak usia dini untuk mulai diajarkan soal kebiasaan baik membaca.

Baca juga: Kolaborasikan Gentle Parenting dengan Riri Cerita Anak Interaktif untuk Mengasah Empati dan Kreativitas Anak

Cara menumbuhkan kebiasaan membaca

Untuk menumbuhkan minat anak akan membaca, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan kebiasaan membaca. Pertama, menciptakan lingkungan yang kaya akan buku. Misal, tempatkan buku di rumah, seperti kamar tidur dan ruang keluarga.

Selanjutnya, orang tua bisa mengajak anak pergi ke toko buku atau perpustakaan. Biarkan anak mengeksplorasi buku apa yang ingin dibacanya. Namun, orang tua harus tetap memastikan bahwa buku yang dibaca si kecil sesuai dengan usianya.

Ketiga, cara menumbuhkan kebiasaan membaca anak, yaitu dengan mengajak anak membaca bersama. Jadikan membaca sebagai aktivitas bersama yang menyenangkan juga interaktif, di mana orang tua bisa berdialog secara terbuka dengan si kecil.

Ajak anak mengeksplorasi pesan, cerita, atau tokoh-tokoh yang ada dalam cerita. Tanyakan pendapat mereka soal cerita tersebut, dan terus ajak mereka berdialog mengenai cerita apa yang akan dibaca berikutnya.

Keempat, orang tua juga bisa menjadikan membaca sebagai rutinitas harian. Luangkan waktu khusus bersama anak untuk membaca, setidaknya satu cerita tiap hari. Bebaskan mereka memilih cerita mana yang akan dieksplorasinya.

Baca juga: Latih Disiplin Anak lewat Riri Cerita Anak Interaktif

Terakhir, cara menumbuhkan kebiasaan membaca, yakni hubungkan membaca dengan minat atau hobi yang disenangi anak. Misal, jika anak suka binatang, ajak mereka membaca buku fabel atau cerita tentang binatang.

Jika disimpulkan, cara menumbuhkan kebiasaan membaca adalah:

  • Ciptakan lingkungan yang kaya akan buku untuk si kecil
  • Ajak si kecil pergi ke perpustakaan atau toko buku
  • Ajak anak membaca bersama
  • Jadikan membaca sebagai aktivitas rutin harian
  • Hubungkan membaca dengan minat atau hobi yang disenangi anak.

Cara menumbuhkan kebiasaan membaca dengan Riri Cerita Anak Interaktif

Perkembangan teknologi memang tidak bisa disangkal. Saat ini, semuanya bisa diakses dengan mudah melalui smartphone atau gadget yang selalu dibawa ke mana saja. Begitu pula dengan membaca, kebiasaan ini bisa dilakukan lewat gadget yang kita pegang tiap harinya.

Guna menumbuhkan minat dan kebiasaan membaca di tengah perkembangan teknologi saat ini, Educa Studio merilis Riri Cerita Anak Interaktif yang tentunya bisa diakses melalui gadget atau smartphone, di mana dan kapan saja.

Baca juga: Riri Cerita Anak Interaktif sebagai Media Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak

Riri Cerita Anak Interaktif adalah gim yang menawarkan ratusan cerita anak yang dirancang khusus untuk anak usia 2 hingga 6 tahun. Riri sangat cocok digunakan sebagai salah satu cara menumbuhkan kebiasaan membaca anak. Visualisasinya yang sangat menarik dan ceria pasti membuat anak senang.

Riri memberi pengalaman membaca yang menyenangkan dan tidak membosankan untuk si kecil. Anak usia dini pun tak akan kesulitan saat mengakses Riri Cerita Anak Interaktif. Selain visualisasinya, cerita yang disuguhkan dalam Riri pun sangat beragam. Mulai dari fabel, cerita rakyat, dongeng, hingga cerita orisinil yang dibuat langsung oleh para penulis kawakan di Educa Studio.

Interaktivitas yang ditawarkan dalam Riri pun memudahkan anak mengeksplorasi keseluruhan isi cerita. Hal ini bisa dijumpai dalam menu interactives pada gim Riri Cerita Anak Interaktif. Ada pula menu picture books dan short story yang tidak memiliki interaktivitas. Sebab, picture books berisi cerita bergambar, dan short story memuat cerita yang tidak dilengkapi dengan visual.

Riri Cerita Anak Interaktif tidak hanya membantu menumbuhkan kebiasaan membaca, tetapi juga keterampilan kognitif dan berbahasa, kreativitas, imajinasi, serta empati anak.

Baca juga: 7 Tips Seru Jelajahi Dunia Imajinasi bersama Riri Cerita Anak Interaktif

Sebagai informasi, gim Riri tidak hanya berisi kumpulan cerita, ada beberapa aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan si kecil setelah membaca, seperti permainan mewarnai juga connecting dots yang mengasah imajinasi dan kreativitas si kecil.

Berikut cara menumbuhkan kebiasaan membaca anak dengan Riri Cerita Anak Interaktif dari Educa Studio:

  • Ajak anak mengeksplorasi beragam cerita yang ada dalam gim Riri
  • Biarkan anak memilih ceritanya sendiri
  • Jadikan aktivitas membaca sebagai kebiasaan rutin
  • Ajak si kecil mengeksplorasi permainan yang ada dalam Riri Cerita Anak Interaktif
  • Kolaborasikan dengan aktivitas lain yang menyenangkan, misal mengajak anak mendiskusikan cerita yang baru saja dibacanya.

Jadi, ayo ayah bunda, tumbuhkan kebiasaan membaca si kecil dengan gim Riri Cerita Anak Interaktif yang bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store dan iOS!


Sumber referensi:

  • Bahrun, Masitah. Belajar Membaca dengan Menggunakan Media Kartu Duduk Suku Kata Bergambar. (2023). Nusa Tenggara Barat: Penerbit P4I.
  • Ratu Bangsawan, M. Irwan P. Rahasia Menumbuhkan Minat Baca Anak. (2024). Surakarta: Penebit dan Percetakan Mediatama.

Bagikan artikel ini

Author :

Vanya Karunia Mulia Putri

Content Writer Educa Studio