Top

Belajar Tema Polisi dengan 12 Kegiatan MUDAH untuk Anak Usia 4-5 Tahun

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

27 Jan 2024

  |  

Edukasi

Anak-anak PAUD atau TK usia 4-5 tahun banyak yang mengagumi kegagahan seorang polisi. Anak-anak didik biasanya akan sangat antusias saat belajar dengan topik pekerjaan / profesi polisi. Inilah beberapa ide menarik yang bisa dipraktikkan saat mengajar anak-anak didik Anda. Selain bermanfaat untuk mengembangkan pengetahuan tentang pekerjaan ini, anak-anak didik akan diajak untuk mengembangkan motorik (halus dan kasar), sosial-emosional, literasi, dan aneka keterampilan anak usia dini lainnya.

1. Lembar Kerja Anak

Ajak anak-anak didik mengerjakan lembar kerja anak (LKA) dengan topik polisi. Berikut ini adalah variasi lembar kerja anak yang bisa diunduh GRATIS.

- Dunia Profesi 1
- Aktivitas Marbel Profesi 2
- What’s Your Job 2
- What’s Your Job 3

2. Menonton Video tentang Tugas-Tugas Polisi

Ajak anak didik menonton video tentang tugas-tugas polisi. Setelah anak-anak didik memahaminya, ajak mereka berdiskusi tentang tugas Pak Polisi yang pernah dilihat anak-anak didik.

3. Bermain Drama tentang Polisi

Setelah menonton video tentang tugas-tugas Pak Polisi, bagilah anak-anak didik menjadi 2 kelompok. Satu kelompok berperan menjadi warga, dan satu kelompok lainnya berperan sebagai polisi.

  • Pemeran polisi bisa diberikan perintah atau instruksi, misalnya:
    - Membantu warga menyeberangkan jalan.
    - Mengatur lalu-lintas
    - Memeriksa surat-surat kendaraan.
  • Guru PAUD bisa mengajak memberikan contoh terlebih dahulu bila ada anak didik yang merasa kebingungan saat memperagakannya.

Kembangkan Karakter Si Kecil bersama KABI (Kisah Teladan Nabi)

 

 

4. Bermain Aplikasi Gim 

Ajak anak-anak didik bermain aplikasi gim berjudul “Marbel Polisi” karya Bapak Andi Taru dan tim Educa Studio. Di dalam gim ini anak-anak didik akan diajak untuk memahami tugas-tugas Pak Polisi.

5. Belajar dengan Media Gambar

Seteah bermain gim “Marbel Polisi”, Guru PAUD bisa mengajak anak-anak didik untuk belajar dengan media gambar. Aneka gambar tentang tugas-tugas Pak Polisi, pengenalan Polwan (polisi wanita), dan aneka rambu-rambu lalu-lintas bisa diperkenalkan kepada anak-anak didik. Ajak anak-anak didik untuk melakukan tanya jawab berhadiah.

Hadiah yang diberikan bisa berupa stiker mungil, gambar bintang, dan lainnya.

6. Membuat Topi Polisi

Bahan-bahan yang perlu disediakan untuk membuat topi polisi adalah kertas manila, stiker, dan spidol.

Mintalah anak-anak didik untuk membuat topi polisi. Bila sudah selesai dikerjakan, mereka bisa diminta untuk mewarnai atau mendekorasinya.

7. Membuat Mobil Polisi Berbahan Kardus

Kumpulkan kardus-kardus bekas sebagai bahan pembuat karya menarik. Ajak anak-anak didik membuat mobil polisi dengan bahan ini.

8. Bermain Mengatur Lalu-lintas

Pilih satu anak didik untuk berperan sebagai polisi. Mintalah anak-anak didik lainnya berperan sebagai pengendara kendaraan. Biarkan para pemeran pengendara kendaraan memilih kendaraan apa yang ingin mereka kendarai.

  • Setelah itu, pemeran polisi bisa memberikan instruksi utama, yaitu “stop” dan “go”.
  • Bila pemeran polisi mengatakan “The car… go!”, maka pemeran mobil bisa memperagakan aksinya mengendarai sebuah mobil sambil mengeluarkan suara mobil.
  • Bila pemeran polisi mengatakan “The car… stop!”, maka pemeran mobil bisa memperagakan aksinya menghentikan / mengerem sebuah mobil sambil mengeluarkan suara mobil.

9. Memerankan Polisi yang Berpatroli

Ajak anak-anak didik berkeliling di sekitar sekolah. Bila ada anak didik yang menemukan hal-hal yang perlu diperbaiki atau melanggar aturan, maka ia harus segera melaporkan kepada guru, misalnya menemukan sampah di taman, ada dinding yang dicoret-coret, dan lainnya.

10. Karnaval Kostum Polisi

Ajak anak-anak didik untuk mengenakan seragam polisi. Saat acara ini, anak-anak didik juga bisa diperkenalkan dengan polisi asli. Bapak Polisi diperkenankan untuk bercerita pengalaman tentang tugas-tugasnya dan pengenalan alat-alat yang biasa digunakan oleh polisi, misalnya tongkat, pistol, tanda pengenal, dan lainnya.

11. Menggambar Polisi

Ajak anak-anak didik menggambar polisi. Guru PAUD bisa menemukannya di mesin pencarian Google Image, dengan kata kunci “Step Drawing Police” atau “Simple Drawing Police”.

12. Belajar Nomor Darurat

Ajak anak-anak didik mengenal nomor darurat untuk menghubungi polisi, yaitu 110. Ajarkan cara memencet tombol 110 melalui alat peraga telefon atau handfon. Ajarkan pula cara berkomunikasi melalui telefon, terutama saat keadaan darurat.

Dengan mengintegrasikan kegiatan-kegiatan ini, anak-anak dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang peran polisi dalam masyarakat dan nilai-nilai keamanan. Penting untuk memastikan bahwa kegiatan-kegiatan tersebut disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak usia 4-5 tahun agar tetap menyenangkan dan mendidik.


Sumber Referensi:

1. Fantasticfunandlearning.com. (2022). Police officer activities for kids [1]

2. Preschool-plan-it.com. (2022). Community helpers police [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.