Top

Asah Keterampilan Anak Usia Dini Bersama Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain), Riri Cerita Anak Interaktif, dan Kabi - Kisah Teladan Nabi

Oleh Vanya Karunia Mulia Putri

  |  

17 Sep 2024

  |  

Edukasi

Secara garis besar, ada tiga jenis keterampilan yang sebaiknya mulai diajarkan orang tua kepada anak-anak usia dini, yaitu kemampuan kognitif, sosial, dan emosional. Ketiganya akan menjadi modal dasar mereka untuk menjalani proses pembelajaran di masa depan.

Menurut Alif Lukmanul Hakim dkk, dalam buku Keterampilan Pembelajaran Abad 21 (2023), keterampilan kognitif adalah keterampilan yang melibatkan proses berpikir, analisis, pemecahan masalah, serta pengambilan keputusan. Contoh keterampilan kognitif, yakni berpikir kritis dan kreatif.

Sementara itu, yang dimaksud keterampilan sosial adalah keterampilan yang berkaitan dengan kegiatan interaktif dan komunikasi dengan orang lain. Contoh keterampilan sosial, yaitu mampu berkomunikasi secara efektif dan jelas.

Dilansir dari situs Finnish Student Health Service (FSHS), keterampilan emosional adalah kemampuan untuk mengenali, mengekspresikan, juga mengatur emosi. Keterampilan emosional merupakan dasar dari kesehatan diri juga mental yang baik.

Selain tiga keterampilan di atas, masih ada banyak keterampilan yang sebaiknya diajarkan orang tua kepada anak-anak mereka, antara lain keterampilan motorik, berbahasa, kreativitas, keterampilan moral, dan keterampilan beragama dalam perilaku sehari-hari.

Sadar bahwa di tengah era digital yang serba cepat saat ini, teknologi juga memainkan peranan penting dalam pengembangan keterampilan anak usia dini, Educa Studio menghadirkan tiga brand yang relevan dengan pendidikan anak usia dini, yaitu:

  • Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain)
  • Riri Cerita Anak Interaktif
  • Kabi - Kisah Teladan Nabi.

Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain)

Marbel atau Mari Belajar Sambil Bermain adalah brand milik Educa Studio yang dirancang untuk menemani tumbuh kembang anak-anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan SD (Sekolah Dasar), khususnya bagi mereka yang berusia 2 hingga 10 tahun.

Ada beberapa channel yang digunakan untuk menyalurkan konten-konten Marbel, yakni gim dan aplikasi, buku digital, serta video animasi. Salah satu contohnya adalah gim Marbel TK PAUD (Belajar TK PAUD Bersama Marbel).

Marbel TK PAUD adalah gim edukasi yang membantu anak-anak dalam memahami konsep pengetahuan dasar, seperti angka, huruf, warna, dan bentuk, melalui kegiatan yang menyenangkan juga interaktif. Dengan demikian, secara tidak langsung, Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain) menolong anak-anak usia dini untuk memahami dan mempelajari pengetahuan dasar, baik sebelum atau sembari belajar di institusi pendidikan formal.

Beberapa keterampilan yang dapat diasah anak saat bermain gim edukasi Marbel TK PAUD (Belajar TK PAUD Bersama Marbel) adalah keterampilan kognitif dan motorik. Anak akan terlibat aktif, karena gim edukasi ini memang dirancang untuk proses pembelajaran yang interaktif. Selain itu, pengetahuan dan keterampilan dasar anak juga akan ikut terasah dengan baik.

Riri Cerita Anak Interaktif

Brand unggulan Educa Studio ini punya konsep yang berbeda dengan Marbel. Karena Riri merupakan kumpulan cerita anak interaktif yang dikemas dalam bentuk gim, aplikasi, video animasi, hingga buku digital dan podcast.

Jika Marbel berfokus pada pengembangan keterampilan kognitif, motorik, dan pengetahuan anak usia dini, Riri lebih berpusat pada upaya pengembangan keterampilan berbahasa juga sosial anak. Sama seperti Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain), Riri Cerita Anak Interaktif juga dikemas secara interaktif, agar anak bisa berinteraksi dengan karakter-karakter yang ditampilkan dalam cerita.

Keterampilan yang dapat diasah anak melalui Riri Cerita Anak Interaktif adalah keterampilan membaca dan mendengar atau berbahasa, serta keterampilan sosial, seperti empati, kerja sama, serta interaksi dengan orang lain.

Kabi - Kisah Teladan Nabi

Selain Marbel dan Riri Cerita Anak Interaktif, Educa Studio juga punya brand lain yang diunggulkan, yaitu Kabi - Kisah Teladan Nabi yang ditujukan untuk anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), khususnya yang beragama Islam.

Sekilas, Kabi hampir mirip dengan Riri Cerita Anak Interaktif, karena memuat cerita atau kisah yang bersifat interaktif. Namun, cerita yang dibawakan ini bersifat Islami karena menyuguhkan kisah-kisah keteladanan nabi.

Sejumlah keterampilan yang bisa dikembangkan anak lewat Kabi - Kisah Teladan Nabi adalah keterampilan moral, bahasa, juga agama.

Keterampilan moral terbangun saat anak usia dini belajar soal konsep moral dan etika lewat kisah keteladanan nabi. Keterampilan bahasa terbentuk karena anak dilatih atau dibiasakan untuk membaca dan mendengarkan. Sedangkan keterampilan agama terbentuk karena aktivitas pembelajarannya dipadukan dengan pembelajaran agama.

Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain), Riri Cerita Anak Interaktif, dan Kabi adalah contoh bagaimana teknologi dan media pendidikan bisa berkontribusi terhadap penumbuhan serta pengembangan keterampilan anak usia dini, yang jelas sangat dibutuhkan oleh mereka di masa depan.

Oleh karena itu, Educa Studio terus berkomitmen untuk menghadirkan konten edukasi yang ramah anak, guna mendukung perkembangan keterampilan anak secara utuh dan menyeluruh.

Bagikan artikel ini

Author :

Vanya Karunia Mulia Putri

Content Writer Educa Studio