Top

Ajarkan Si Kecil Huruf Hijaiyah bersama Kabi Kisah Teladan Nabi

Oleh Vanya Karunia Mulia Putri

  |  

16 Okt 2024

  |  

Edukasi

Dewasa ini, pengajaran soal agama, nilai-nilai moral, serta pendidikan karakter kian penting, terlebih lagi di zaman serba modern sekarang. Orang tua harus lebih proaktif dalam mengajarkan ketiga hal tersebut kepada anak-anak mereka, sejak usia dini.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengajari atau mendidik anak perihal agama, nilai-nilai moral, serta pendidikan karakter. Bagi orang tua yang beragama Muslim, dapat memulainya dengan mengajari si kecil tentang huruf hijaiyah.

Apa itu huruf hijaiyah?

Secara sederhana, bisa diartikan bahwa huruf hijaiyah adalah abjad Arab yang diawali dengan huruf alif, dan diakhiri dengan huruf ya secara terpisah-pisah. Total keseluruhannya ada 30, dan huruf inilah yang digunakan dalam Al-Qur’an. Huruf hijaiyah sering juga disebut huruf Arab. Kata hijaiyah berasal dari kata hajja, berarti mengeja, menghitung huruf, atau membaca huruf demi huruf. 

Penulisan huruf hijaiyah berbeda dengan huruf latin, karena penulisannya dimulai dari kanan ke kiri, sedangkan, huruf latin dari kiri ke kanan. Cara penulisannya inilah yang kemudian membuat huruf hijaiyah menjadi unik dan menyenangkan dipelajari.

Baca juga: Belajar Sunah Rasul dengan Cara yang Menyenangkan bersama Kabi

Cara belajar huruf hijaiyah

Huruf hijaiyah menjadi salah satu materi pembelajaran agama Islam yang harus dikuasai anak sejak usia dini. Karena dengan mempelajarinya, mereka dipermudah dalam membaca atau melafalkan isi Al-Qur’an.

Orang tua bisa menggunakan beragam metode yang mudah dilakukan si kecil, agar mereka tidak kesulitan saat membaca, menulis, ataupun melafalkan huruf hijaiyah. Misal, orang tua bisa memberi petunjuk cara penulisan yang benar, disertai contoh, supaya anak mudah menghafalkannya. Setelah itu, orang tua dapat memberi anak selembar kertas kosong, untuk latihan menulis.

Cara belajar huruf hijaiyah lainnya, yakni menggunakan nyanyian atau lagu. Anak cenderung lebih mudah menghafal dan melafalkan huruf, jika disertai dengan lagu atau musik. Orang tua juga bisa memadukannya dengan ilustrasi atau gambar yang sesuai.

Terakhir, cara belajar huruf hijaiyah yang bisa digunakan orang tua, yaitu mengajak si kecil ke Taman Pengajian Anak (TPA) atau Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ).

Baca juga: Tingkatkan Kesadaran Sosial Anak lewat Kabi Kisah Teladan Nabi

Jadi, berikut cara belajar huruf hijaiyah:

  • Menggunakan metode yang beragam dan mudah dilakukan si kecil
  • Orang tua memberi petunjuk atau contoh yang tepat soal penulisan huruf hijaiyah
  • Menggunakan nyanyian atau lagu, disertai visualisasi yang sesuai
  • Orang tua bisa mengajak si kecil ke Taman Pengajian Anak (TPA) atau Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ).

Cara belajar huruf hijaiyah dengan Kabi - Kisah Teladan Nabi

Selain cara di atas, ayah bunda bisa menggunakan Kabi - Kisah Teladan Nabi dari Educa Studio, yakni gim edukasi yang ditujukan untuk anak usia 2 hingga 6 tahun yang beragama Muslim. Kabi bisa diunduh secara gratis di Google Play Store atau iOS.

Berikut cara belajar huruf hijaiyah dengan Kabi - Kisah Teladan Nabi:

  • Mengajak si kecil mengakses menu games pada Kabi Kisah Teladan Nabi, dan pilih program belajar dan bermain Hijaiyah
  • Anak bisa menekan beberapa huruf secara berurutan tiap harinya, sehingga mengeluarkan suara
  • Ulangi proses pembelajaran itu, setelah anak mulai hafal, orang tua bisa mengajak anak menghafal huruf-huruf berikutnya
  • Orang tua juga bisa memadukan aktivitas belajar ini dengan meminta si kecil menuliskan beberapa huruf pada selembar kertas kosong.

Dengan mengulangi proses belajar ini, anak tidak hanya dipermudah untuk membaca, menulis, melafalkan, atau menghafalnya, namun, juga menumbuhkan keimanan, pendidikan moral, serta karakter anak.

Baca juga: Bekali Pengetahuan Agama Islam Anak dengan Kabi dari Educa Studio

Selain gim Kabi, orang tua juga bisa mengajak si kecil belajar huruf hijaiyah dengan flashcard dari Educa Studio. Flashcard ini berisi gambar dan huruf hijaiyah, yang tentunya mempermudah anak dalam mempelajari huruf hijaiyah. Ayah bunda bisa membeli flashcard ini secara online melalui Shopee Marbel Junior.

Lewat metode-metode yang disebutkan di atas, harapannya orang tua tidak kebingungan lagi dalam mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak. Jadi, ayo, ayah bunda segera unduh Kabi Kisah Teladan Nabi di Google Play Store dan iOS ya, untuk memudahkan proses anak belajar huruf hijaiyah!


Sumber referensi:

  • Abdilah, Fida’. Burhanudin, Yusak. Al-Qur’an Hadis Madrasah Ibtidaiyah. (2021). Jakarta: PT Bumi Aksara.
  • Aziz, Mursal. Nasution, Zulkipli. Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. (2020). Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.
  • Muslim, Saeful. Belajar Membaca dan Menulis Huruf Hijaiyah. (2009). Jakarta: Kawan Pustaka.
  • Buku.kompas.com. Supaya Tidak Membosankan, Ikuti 7 Tips Kenalkan Huruf Hijaiyah pada Anak. (2023). Tanggal akses 16 Oktober 2024.

Bagikan artikel ini

Author :

Vanya Karunia Mulia Putri

Content Writer Educa Studio