Top

20 Proyek PAUD Anak TK B ( 5 Tahun ): Liburan NATARU Menjadi Lebih SERU!

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

21 Des 2023

  |  

Edukasi

Liburan Nataru ( Liburan Natal dan Tahun Baru ) perlu diisi dengan aneka aktivitas yang menarik dan edukatif, terutama untuk anak-anak usia PAUD / TK. Anak-anak PAUD perlu melakukan aneka aktivitas bervariasi untuk mengatasi kebosanan dan bisa membuat mereka tetap semangat belajar meski berada di rumah atau tidak di sekolah. Guru bisa meminta para siswanya untuk membuat proyek edukatif atau melakukan aktivitas yang bisa menjadi sebuah proyek yang didokumentasikan dengan bantuan orangtua.

Inilah beberapa ide proyek menarik yang bisa dilakukan oleh anak-anak usia PAUD / TK di dengan pendampingan orangtua.

Ajak Siswa Bermain MARBEL PELAJARAN TK DAN PAUD. Ada Banyak Pengetahuan dan Keterampilan Baru bisa Dipelajari dengan Cara Asyik!

 

 

1. Pertunjukan Bakat Siswa

Biarkan setiap siswa mengekspresikan bakat dan minatnya dengan melakukan seni pertunjukan sederhana, misalnya menari, bernyanyi, bercerita dan lainnya.

2. Menjelajah Alam

Bantu para siswa membuat perencanaan tentang melakukan sebuah penjelajahan alam, bisa di tempat wisata, di desa, atau di sekitar rumah. Biarkan mereka bercerita dengan menggunakan video handphone untuk menemukan sesuatu yang tersembunyi (harta karun).

3. Membuat Karya Seni Reuse

Berikan instruksi kepada para siswa untuk membuat karya seni dari bahan limbah, atau yang sudah tidak dipergunakan lagi, misalnya botol plastik, menjadi kreasi berbentuk pesawat dengan bahan botol plastik.

Baca juga: 21+ Bahan Loose Part: Bisa Jadi Media Pembuat Craft Anak Saat Liburan Nataru

4. Membuat Kerajinan Tangan Daur Ulang

Berikan petunjuk kepada para siswa untuk membuat bahan limbah yang bisa didaur ulang, misalnya kertas menjadi bubur kertas. Lalu, mintalah siswa membuat suatu karya kerajinan tangan dari bahan bubur kertas, misalnya peta Indonesia dari bahan bubur kertas.

5. Membuat Film Sederhana bersama Orang Tua

Mintalah setiap siswa membuat film sederhana dan dengan tema yang sederhana bersama orang tua, misalnya sopan santun bertamu atau sopan santun saat makan.

6. Bereksperimen Sains

Mintalah setiap siswa didampingi orangtuanya untuk membuat percobaan Sains sederhana, misalnya membuktikan benda terapung dan tenggelam atau mengenal manfaat api.

Baca juga: 4 Eksperimen Sains yang Bikin Kegiatan Literasi Ilmiah Jadi Seru

7. Berkebun Bersama Mama Papa

Mintalah siswa memvideokan kegiatan berkebun bersama orangtua yang menunjukkan cara menanam bibit, menyiram tanaman, dan lainnya.

8. Pertunjukan Boneka

Ajak para siswa membuat boneka karya mereka sendiri, misalnya dari bahan bola pingpong dan kain atau dari bahan kain flanel (boneka jari atau boneka tangan). Setelah itu, mintalah siswa untuk melakukan seni pertunjukan boneka.

9. Memasak Bersama

Ajak para siswa untuk melakukan kegiatan memasak bersama orangtua. Hal-hal yang bisa dilakukan siswa antara lain memperkenalkan bumbu masak, merapikan meja makan, dan hal-hal sederhana lainnya.

10. Pameran Fotografi Keluarga

Mintalah siswa membuat sebuah album foto di atas sebuah kertas manila, lalu berikan instruksi untuk menghiasnya sehingga menjadi sebuah karya yang lebih menarik.

11. Bernyanyi Karaoke

Siswa bernyanyi lagu anak-anak dengan iringan lagu karaoke yang bisa ditemukan di kanal Youtube dengan kata kunci “judul lagu anak” plus kata “karaoke”. Pasti akan bermunculan aneka judul lagu anak dengan versi karaoke. Lagu berjudul "Kebun Binatang" bisa menjadi pilihan lagu yang menarik untuk dinyanyikan bersama.

12. Memperagakan Peran sebagai Pemandu Wisata

Saat bertamasya di suatu tempat wisata, siswa memperkenalkan nama tempat wisata, tempat-tempat menarik di tempat wisata tersebut, aneka sovenir yang bisa dibeli, dan topik menarik lainnya serta didokumentasikan dengan media video handphone.

13. English Mini Course

Mintalah siswa untuk mempresentasikan sebuah percakapan bahasa Inggris sederhana, misalnya cara memberi salam, cara memperkenalkan diri, atau menyanyikan lagu berbahasa Inggris. Siswa bisa diminta menggunakan media menarik untuk belajar, misalnya dengan flash card.

14. Proyek Mengamati Benda Langit

Siswa diminta mempersiapkan buku tentang benda langit atau aplikasi Playstore tentang pengenalan benda langit, lalu ia diminta untuk mengamati benda-benda langit di malam hari.

15. Melakukan Permainan Tradisional

Siswa memainkan minimal 3 permainan tradisional bersama saudara atau orang tua. Kemudian, siswa diminta untuk memberikan komentar dan motivasi agar anak-anak Indonesia tetap menggemari permainan tradisional.

16. Melukis

Siswa melukis sebuah objek atau dengan tema tertentu. Setelah itu, siswa diminta untuk mempresentasikan hasil karyanya.

17. Pesta Sederhana di Rumah

Siswa bersama orang tua membuat pesta bersama di rumah. Dalam pesta tersbut diadakan acara makan, bernyanyi, menari, dan bercerita bersama.

18. Menari

Siswa diminta menari di depan kamera dengan iringan lagu. Tema tarian adalah tema-tema yang berhubungan dengan materi pembelajaran yang pernah diajarkan.

19. Kegiatan Latihan Motorik Kasar

Siswa diminta untuk membuat video saat melakukan aneka aktivitas atau gerakan yang bermanfaat untuk melatih motorik kasarnya, misalnya merangkak, melompat, berlari, dan lainnya.

20. Membuat Buku Cerita

Ajak siswa membuat sebuah kelompok untuk membuat sebuah buku cerita menarik, ada yang bertugas menulis naskah, menggambar, dan menghiasi buku dengan pernik-pernik dekoratif.

Dengan melakukan aneka aktivitas positif dan edukatif di atas, semoga para siswa akan semakin berkembang secara kognitif, skill, dan karakternya. Selain itu, dengan aneka kegiatan yang bersifat menyenangkan di atas, bonding antara orangtua dan anak pun akan semakin baik dan harmonis. Selamat mencoba!


Baca juga:

1. Weareteachers.com. (2022). Best kindergarten art projects [1]

2. Pinterest.com. (2022). Kindergarten art projects [2]

3. Freepik.com. (2022). Kids make craft with dad [3]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.