Top

15 Ide Cara Upgrade Skill Guru PAUD Saat Liburan, Agar Makin Siap Di Awal Semester

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

30 Des 2023

  |  

Edukasi

Ada banyak kegiatan edukatif yang bisa dilakukan oleh guru PAUD di saat liburan atau saat awal semester ini. Kegiatan edukatif ini perlu dilakukan sebagai persiapan menghadapi kegiatan pembelajaran di semester baru dan sebagai cara meng - upgrade skill serta kompetensi para guru PAUD agar makin hebat dan siap di semester baru.

Ajak Para Siswa Menonton Video RIRI di Bawah Ini. Setelah Itu, Ajak Berdiskusi tentang Aktivitas Liburan Mereka!

 

Apa saja aktivitas edukatif yang bisa dilakukan oleh para guru PAUD?

1. Menyusun Modul Ajar

Membuat Modul Ajar atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah aktivitas yang biasa dilakukan guru saat liburan. Guru merencanakan kurikulum, program sekolah, strategi mengajar, dan aktivitas kelas menarik yang nantinya akan diaplikasikan di semester baru.

Baca juga:
5 Tips Mengajar Menyenangkan untuk Anak PAUD
Pembelajaran PAUD yang Aplikatif dan Efektif. Ini Caranya!

2. Mengikuti Pelatihan

Pelatihan yang diikuti biasanya berhubungan dengan pendidikan terkini, misalnya tentang pemanfaatan software terbaru dalam pendidikan atau keterampilan-keterampilan penting yang perlu dikuasai guru di era digital. Beberapa cara mendapatkan informasi tentang pelatihan guru PAUD, Anda bisa mengunjungi situs-situs pusat pendidikan, asosiasi guru PAUD, media sosial PAUD, komunitas online guru, dan lainnya.

Simak Terus Portal Educastudio.com. Ada Banyak Event  Webinar Gratis yang Diadakan Secara Rutin

3. Membaca Buku Edukasi

Guru perlu membaca buku-buku terbaru tentang pendidikan. Guru PAUD bisa membeli buku tentang pengembangan anak usia dini, metode pengajaran PAUD, pengelolaan kelas, cara mengajar kreatif, dan lainnya.

4. Berdiskusi dengan Rekan Guru

Bila Anda memiliki komunitas guru, Anda bisa mengajak rekan-rekan Anda untuk mengadakan diskusi, baik dengan cara mengadakan pertemuan secara langsung maupun secara online. Kegiatan ini bisa membuka pandangan baru dan saling memperkaya pengalaman serta pengetahuan bersama dengan sesama guru PAUD.

5. Melakukan Penelitian tentang Inovasi Pendidikan Terbaru

Dengan teknologi digital, guru PAUD bisa melakukannya penelitian secara pribadi maupun berkelompok. Guru bisa mengunjungi situs-situs pendidikan atau mengunjungi situs-situs berita dengan topik pendidikan atau edukasi.

6. Merencanakan Proyek Menarik untuk Anak Didik

Guru PAUD bisa merencanakan proyek yang menarik untuk anak didik, terutama proyek-proyek yang membutuhkan persiapan atau proses pengerjaan yang tidak singkat. Beberapa contoh proyek menarik untuk anak PAUD adalah membuat kompilasi gambar siswa PAUD, membuat video kompilasi cerita anak tentang kegiatan liburan, dan lainnya.

7. Mengikuti Program Pengembangan Profesi Guru PAUD

Guru PAUD bisa mendaftar dalam program pengembangan profesi yang banyak ditawarkan oleh lembaga-lembaga pendidikan. Kegiatan ini penting untuk meningkatkan kompetensi, kualifikasi, dan keterampilan dalam bidang pendidikan.

8. Mengembangkan Keterampilan Digital

Guru perlu tekun mengeksplorasi aneka media mengajar terbaru dan berbasis digital agar mampu mengikuti selera anak-anak didik. Bagaimanapun siswa akan semakin tertarik untuk belajar dengan media yang sering ia gunakan dalam keseharian.

Kembangkan Keterampilan Digital Anda bersama Gamelab.id. Ada program khusus untuk para guru dan anak-anak.

 

9. Mengadakan Evaluasi Pribadi

Guru perlu memahami hal-hal apa saja yang perlu ditingkatkan dalam proses belajar mengajar. Guru PAUD juga perlu semakin memahami apa yang menjadi kebutuhan anak-anak didiknya, baik siswa secara pribadi lepas pribadi maupun secara komunal.

10. Mengembangkan Soft Skills

Beberapa soft skills yang bisa dikembangkan guru PAUD di zaman sekarang adalah keterampilan menggunakan media edukasi terbaru, keterampilan public speaking, keterampilan seni kerajinan tangan, dan lainnya.

11. Berkolaborasi dengan Sesama Guru dan Profesional Lainnya

Dengan berkolaborasi dengan sesama guru dan profesional lainnya guru bisa mengadakan aneka acara menarik bersama, misalnya mengadakan workshop, seminar, pelatihan, atau sekedar berbagi ilmu.

KABI (Kisah Teladan Nabi): Media Animasi Video untuk Mengembangkan Karakter Anak Didik

 

12. Mengembangkan Program Ekstrakurikuler Terbaru

Guru bisa membuat perencanaan kegiatan latihan atau acara yang semakin menarik dalam sebuah program ekstrakurikuler, misalnya mengadakan pertunjukan dan hal-hal yang bisa dikembangkan dari pertunjukan yang pernah dilakukan sebelumnya.

13. Mengembangkan Pembelajaran yang Berdiferensiasi

Metode pembelajaran ini menitikberatkan pada ragam gaya belajar siswa yang unik. Guru perlu merencanakan ragam aktivitas yang mampu mengembangkan semua potensi siswa yang berbeda-beda, sehingga semua siswa bisa semakin menikmati pembelajaran dan semakin berkembang sesuai potensinya.

14. Menyusun Materi Pembelajaran Kolaboratif dengan Sesama Guru

Saat siswa sudah masuk kelas, biasanya guru sudah sibuk sendiri-sendiri. Namun, bila guru sudah saling berdiskusi, dengan mengambil sedikit waktu liburan, maka guru bisa membuat perencanaan pembelajaran kolaboratif dengan sesama guru. Kolaborasi dalam mengajar bisa membuat pembelajaran menjadi semakin hidup, kreatif, dan variatif.

15. Menulis Artikel

Banyak guru memiliki pekerjaan sampingan sebagai seorang penulis. Belajarlah menulis dengan menulis pada blog-blog atau media sosial pribadi. Siapa tau artikel yang Anda tulis bisa menjadi viral dan diminati banyak orang, sehingga membuka peluang untuk bisa menjadi seorang penulis profesional.

Setiap guru adalah pembelajar abadi. Manfaatkan setiap waktu luang untuk belajar dan terus belajar aneka ilmu pengetahuan dan keterampilan yang baru. Semoga aneka aktivitas di atas bermanfaat bagi guru-guru PAUD di Indonesia.


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Potrait young female teacher suit with notepad [1]

2. Resumecat.com (2022). Skills [2]

3. Esparklearning.com. (2023). 10 Skills rated most important for kinder teachers [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.