Top

Rekomendasi Lagu Anak Islami: Aktivitas Anak yang Seru dan Penting di Bulan Ramadan

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

10 Apr 2023

  |  

Edukasi

Menyanyikan lagu anak adalah salah satu aktivitas seru dan praktis yang biasa dilakukan oleh orang tua kepada anak sebagai media mengajar. Di Bulan Ramadan, anak usia TK - PAUD tentu membutuhkan aneka aktivitas bermuatan Islami yang seru agar tetap bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa. 

Dilansir dari greenspringsschool.com, dijelaskan bahwa selama masa bayi, orang tua sering menggunakan musik untuk menenangkan dan mengelus anak ketika mereka menangis. Musik juga sering digunakan sebagai media pengantar tidur yang menakjubkan, karena bayi menikmati melodi saat mereka akan tidur. Anak juga akan menjadi cukup mudah untuk terlibat dan berinteraksi dengan media lagu.

Video Kisah Nabi (KABI) bisa ditonton di Youtube.

Lagu-lagu yang bermuatan edukasi pada syair lagunya akan sangat bermanfaat pula bila diajarkan kepada Si Kecil. Ayah dan Bunda bisa menyanyikan lagu-lagu tersebut bagi Si Kecil, mengajaknya bernyanyi bersama, atau memintanya melakukan gerak lagu (bernyanyi sambil menari) bersama.

Inilah beberapa lagu yang bermuatan pengembangan karakter dan ilmu pengetahuan agama Islam yang sangat mudah untuk dipelajari. Ayah dan Bunda bisa menggunakan nada-nada lagu anak tempo dulu dan yang sudah familiar saat mengajarkan lagu-lagu yang pernah dibagikan di grup Facebook bernama Forum TK dan PAUD di bawah ini!

1. Kitab Allah

Lagu berjudul “Kitab Allah” mengajarkan kepada Si Kecil tentang 4 macam kitab Allah. Nada lagu yang bisa Ayah Bunda gunakan adalah lagu anak tempo dulu berjudul “Menanam Jagung”

Syair lagu:

Kitab Allah empat jumlahnya
Taurat, Zabur, Injil, Al-Qur’an
Ref
Taurat turun pada Nabi Musa
Zabur turun pada nabi Daud
In-jil turun pada Nabi Isa
Al-qur’an pada Nabi Muhammad

Ajak pula Si Kecil menonton koleksi Kisah Nabi (Kabi). Silakan klik judul-judul Kisah Nabi di bawah ini!

a. Pertolongan dari Allah SWT

b. Fathimah binti Muhammad SAW

c. Allah SWT Melihat Kita Dimanapun

2. Mintalah Izin

Agar Si Kecil memiliki banyak teman, tentu saja ia harus menjadi anak yang bisa dipercaya. Kepercayaan ini bisa dibangun dengan melakukan hal-hal yang baik dan sopan, salah satunya adalah dengam meminta izin saat hendak meminjam sesuatu. Lagu berjudul “Mintalah Izin” ini bisa diajarkan kepada Si Kecil dengan nada lagu bejudul “Tik Tik Tik Bunyi Hujan (Hujan)”.

Syair lagu:

Saat kau
pinjam sesuatu
mintalah izin
Agar temanmu
tak bingung mencari

Hormati teman
Bersikap sopan

Pasti kau akan
banyak temannya

Belajar Sholat menjadi mudah dan menyenangkan dengan gim "Marbel Sholat"

3. Tolong, Terima Kasih, Maaf

Tiga kata ajaib adalah kata-kata yang wajib diajarkan kepada Si Kecil. Karena dengan sering mengucapkan tiga kata ajaib ini, yaitu tolong, terima kasih, dan maaf, ia akan lebih mudah disayang dan dihormati oleh teman-temannya. Nada lagu anak tempo dulu yang berjudul “Pada Hari Minggu (Naik Delman)", bisa Ayah Bunda gunakan saat mengajarkan lagu ini kepada Si Kecil.

Syair lagu:

Ucapkan kata tolong
bila ingin dibantu
Katakan terima kasih
janganlah kau lupa
Mintalah maaf
jika engkau berbuat salah
Itulah tiga kata ajaib
anak beriman, hey!

4. Bagian Tubuh (Bahasa Arab)

Pembelajaran PAUD tema diriku atau diri sendiri tidak lepas dari materi tentang pengenalan bagian tubuh. Si Kecil tentu perlu mengenal bagian-bagian tubuhnya, tidak hanya dalam bahasa Indonesia. Namun, ia juga perlu belajar aneka bagian tubuh dalam bahasa Arab. Ayah dan Bunda bisa mengenalkan lagu ini dengan nada lagu yang sudah akrab berjudul “Indung-Indung”.

Selain belajar bahasa Arab, Si Kecil juga perlu belajar mengaji. Media aplikasi gim "Marbel Mengaji" sudah menjadi pilihan jutaan orang tua di Indonesia.

Syair lagu:

Ra’sun kepala, Sya’run rambut
Udzun telinga, ainun mata,
Anfun hidung, famun mulut
Lisanun lidah, sinnun gigi
Wahjun wajah, unuqun leher
Katifun pundak, yadun tangan
Sadrun dada, bathun perut
Rukbatun lutut, rijlun kaki

5. Hadits Kasih Sayang

Hadits kasih sayang mengajarkan kepada Si Kecil tentang penting sikap menyayangi siapa saja. Agar ia mudah mengucapkan dan menghafalkan hadits ini, Ayah dan Bunda bisa mengajarkannya dengan nada lagu berjudul “Bila Kau Suka Hati”

Syair lagu:

Barangsiapa yang tidak sayang
Maka dirinya tidak disayang
Apa bunyi hadisnya? Ayo kita sebutkan
Hadisnya “Malayarham layur…ham.”

Mau dapetin media aktivitas bermain puzzle tema Ramadan? Silakan unduh gratis di Twinkle.

Itulah aktivitas seru yang bisa Ayah dan Bunda ajarkan kepada Si Kecil sebagai media belajar mudah menghafalkan bahasa Arab dan mengembangkan karakternya. Semoga bermanfaat untuk bisa Anda nyanyikan bersama Si Kecil, atau Anda nyanyikan sebagai lagu pengantar tidur. Selamat mencoba!

PARSEL (Pasti Seru Lebarannya) dari Kabi yaitu promo spesial voucher diskon sebesar 25% untuk monthly subsciption dan yearly subscription untuk aplikasi Kabi - Kisah Nabi & Buku Islam lho!


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Muslim-grandparents-with-their-grandchild [1]

2. Greenspringsschool.com. (2021). Benefits of music education [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.