Top

Kolaborasi Educa Studio dengan Gramedia Jakarta Mal Cijantung dalam Lomba Mewarnai Marbel

Oleh Vanya Karunia Mulia Putri

  |  

04 Sep 2024

  |  

Event

Siapa yang tidak suka mewarnai? Mewarnai jadi salah satu aktivitas yang paling menyenangkan bagi anak TK (Taman Kanak-kanak) dan SD (Sekolah Dasar), terutama jika dilakukan secara bersama-sama, seperti dalam perlombaan. Sadar akan pentingnya menumbuhkan juga melatih kreativitas anak, Educa Studio menyelenggarakan kegiatan rutin bersama dengan Gramedia dalam Lomba Mewarnai Marbel.

Sebagai jaringan toko buku terbesar di Indonesia, Gramedia sudah memiliki lebih dari 100 toko buku. Salah satu produk yang dijualnya adalah buku atau bacaan untuk anak, seperti buku series Marbel, Riri Cerita Anak Interaktif, dan Kabi.

Pada Minggu, 1 September 2024, Lomba Mewarnai Marbel, sebagai bentuk kolaborasi antara Educa Studio dengan Gramedia, diadakan di Gramedia Jakarta Mal Cijantung. Acara ini diikuti secara antusias oleh anak-anak, dan para orang tua pun terlihat gembira dan puas. Karena buah hati mereka menikmati dan secara bebas menyalurkan bakat yang dimilikinya.

Lomba Mewarnai Marbel terbagi menjadi dua kategori, yakni kategori A untuk anak-anak Pra TK (Taman Kanak-kanak) hingga TK, dan kategori B untuk SD (Sekolah Dasar) kelas 1 sampai 3.

Selain membantu menumbuhkan kreativitas anak-anak, ternyata kegiatan mewarnai juga punya segudang manfaat yang layak untuk diketahui khususnya oleh para orang tua. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Manfaat kegiatan mewarnai untuk anak

Menurut Hilda Zahra Lubis dkk, dalam jurnal Stimulasi Kegiatan Mewarnai untuk Perkembangan Anak Usia Dini (2022), salah satu manfaat kegiatan mewarnai adalah melatih kesabaran anak. Untuk mengisi tiap gambar atau objek dengan warna yang berbeda, dibutuhkan kesabaran ekstra. Karenanya, secara tidak langsung, kegiatan lomba mewarnai jelas membantu melatih kesabaran anak.

Manfaat kegiatan mewarnai lainnya adalah meningkatkan konsentrasi anak, baik secara fisik maupun motorik (penggerak). Anak-anak akan belajar cara melatih kerja otot tangan dan pikiran mereka dengan baik.

Dikutip dari buku Pengoptimalan Pendidikan dan Perekonomian pada Masa Pandemi 2021 (2021) oleh Noor Amaliah dkk, salah satu manfaat kegiatan mewarnai adalah sebagai media berekspresi. Saat mewarnai, anak bebas mengeksplorasi warna yang dianggapnya sesuai dengan suasana hati mereka. Oleh sebab itu, mewarnai bisa menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan, karena bisa mengekspresikan kreativitas juga bakat anak-anak dengan baik.

Selain penjelasan di atas, ternyata kegiatan mewarnai juga punya beberapa manfaat lain, yaitu:

  • Mengembangkan analisis visual
  • Meningkatkan koordinasi mata dan tangan
  • Melatih cara memecahkan masalah atau problem solving dengan baik juga kreatif
  • Meningkatkan rasa kepercayaan diri anak.

Kolaborasi Educa Studio dengan Gramedia

Sadar bahwa tiap anak memiliki bakat juga kreativitas berbeda yang bisa dikembangkan secara baik dan maksimal, Educa Studio secara rutin mengadakan kegiatan Lomba Mewarnai Marbel di Gramedia seluruh Indonesia. Sama seperti lomba yang sudah diadakan sebelumnya, anak-anak yang terlibat dalam perlombaan diminta untuk mewarnai karakter Bebe yang menjadi tokoh utama dari serial Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain).

Acara Lomba Mewarnai Marbel di Gramedia Jakarta Mal Cijantung berjalan dengan sukses. Ada tiga anak yang berhasil meraih juara 1, 2, dan 3. Sedangkan tiga anak lainnya mendapat juara harapan 1, 2, 3. Masing-masing pemenang lomba, baik juara 1, 2, dan 3 maupun juara harapan 1, 2, dan 3 menerima trofi, sertifikat, dan merchandise dari Grasindo. Khusus untuk pemenang juara 1, 2, 3 memperoleh uang tunai sebesar Rp 500 ribu, Rp 300 ribu, dan Rp 200 ribu.

Lomba ini mendapat sambutan hangat dari para orang tua. Anak-anak pun terlihat antusias saat mewarnai karakter Bebe. Selain merasa familiar dengan Bebe, mereka pun juga bahagia karena melakukan kegiatan yang menyenangkan, dan bertemu teman-teman baru.

Kolaborasi dengan Gramedia hanya satu dari sekian banyak kerja sama yang sudah pernah dilakukan Educa Studio. Sebagai perusahaan yang masih terus bertumbuh dan berkembang, Educa Studio berusaha memberikan yang terbaik bagi anak-anak, baik itu lewat penyediaan konten-konten yang berkualitas maupun lewat kerja sama bisnis.

Lomba Mewarnai Marbel menjadi bukti bahwa Educa Studio untuk terus mengedepankan kebutuhan anak-anak, mengingat banyaknya manfaat yang diperoleh dari kegiatan mewarnai. 

Tidak hanya melalui Lomba Mewarnai saja, Educa Studio terbuka untuk semua peluang kerja sama atau kolaborasi, terutama dengan perusahaan atau brand yang juga punya tujuan yang salam dalam memajukan pendidikan untuk anak-anak.

Untuk Info lebih lanjut kolaborasi atau peluang kerja sama lainnya, dapat menghubungi cs@educastudio.com.

Bagikan artikel ini

Author :

Vanya Karunia Mulia Putri

Content Writer Educa Studio